Rabu, 06 Februari 2013

Pengertian sains

Sains adalah suatu cara untuk mempelajari aspek -aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik dan melalui metode-metode saintifik yang terbakukan. ruang lingkup sains terbatas pada pada hal - hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan dan pengecapan).

Sedangkan yang disebut metode saintifik adalah langkah - langkah yang tersusun secara sistematik untuk memperoleh suatu kesimpulan ilmiah. Metode saintifik pada dasarnya merujuk pada model penelitian yang dikembangkan oleh francis Bacon (1561-1626). Model tersebut memiliki langkah - langkah :
Mengidentifikasi masalah ( dari fakta yang ditemukan di lingkungan )
Mengumpulkan data yang sesuai dengan permasalahan yang ditemukan
Memilah data yang sesuai dengan permasalahan
merumuskan hipotesis ( dugaan ilmiah yang menjelaskan data dan permasalahan yang ada sehingga dapat menentukan langkah penyelesaian masalah lebih lanjut)
Menguji hipotesis dengan mencari data yang lebih faktual ( mengadakan eksperimen)
Menguji keakuratan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya agar dapat mentukan tindakan terhadap hipotesis tersebut ( mengkonfirmasi, memodifikasi, ataupun menolak hipotesis).   

Metode saintifik juga sering disebut metode induktif karena dalam prosesnya, metode saintifik dimulai dari hal-hal yang bersifat spesifik ke kesimpulan yaang bersifat general.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar